Sabtu, 05 November 2011

Tanya Jawab Seputar Sistem Operasi

Fungsi utama komputer adalah untuk mengeksekusi instruksi. Bagaimanakah suatu instruksi dieksekusi?
            Suatu instruksi dieksekusi adalah dengan terlebih dahulu membaca command dari user yang menggunakan komputer. Command atau perintah yang diberikan melalui proses I/O kemudian di proses oleh sistem operasi yang dalam kasus ini berfungsi sebagai perantara antara user dengan perangkat keras itu sendiri. Instruksi yang terdapat di dalam sebuah command kemudian diproses oleh komputer. Proses itu sendiri ada yang running dan ada yang waiting. Pada saatnya, instruksi yang diberikan akan dieksekusi oleh komputer  apabila dari user atau I/O membutuhkannya. Atau secara lebih ilmiah berikut langkah-langkah suatu instruksi dieksekusi:
1.       Instruction fetch, yaitu mengambil instruksi dari memori dan mentransfernya ke unit kontrol.
2.       Mengartikan (decode) instruksi dan menentukan apa yang harus dikerjakan serta data apa yang digunakan.
3.       Baca alamat efektif, jika instruksi beralamat indirect.
4.       Proses eksekusi instruksi dengan memilih operasi yang diperlukan dan mengendalikan perpindahan data yang terjadi.
5.       Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya yaitu Program Counter.
6.       PC akan menambah satu hitungan setiap kali CPU membaca instruksi.
7.       Instruksi-instruksi yang dibaca akan dibuat dalam register instruksi (IR).
8.      Instruksi-instruksi sudah dieksekusi dalam register instruksi (IR)

Sebutkan komponen utama sistem operasi dan jelaskan fungsi dari setiap komponen utama tersebut.
   Komponen utama sistem operasi terdiri dari shell, kernel, dan hardware. Shell merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi menjadi mediator atau jembatan antara user dengan hardware. Kernel merupakan inti dari sebuah sistem operasi yang mengontrol perangkat keras dan membentuk berbagai fungsi seperti:
• Pelayanan tanggal dan jam system
• Manajemen berkas dan penanganan sekuriti
• Pelayanan operasi masukan dan keluaran
• Manajemen dan penjadwalan proses
• Manajemen memori
• Melakukan kegiatan akuntansi sistem
• Melakukan penanganan kesalahan dan interupsi.
Sedangkan hardware sendiri merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai I/O di mana memudahkan user untuk mengerjakan tugasnya.

Jelaskan pengertian:
a.    Batch system
Batch system merupakan suatu keadaan di mana semua job yang sedang melakukan instalasi dan sedang menunggu gilirannya dikumpulkan menjadi satu agar tidak terpecah atau tersebar ke mana-mana. Atau agar pergantian waktu antar job menjadi lebih efisien.

b.   Multiprogramming system
Multiprogramming system merupakan suatu istilah untuk menjelaskan bahwa suatu komputer mampu menjalankan berbagai macam proses dalam memori utama. Konsepnya adalah bahwa suatu proses program akan berjalan dan menggunakan CPU hingga proses program tersebut sampai pada status wait di mana menunggu I/O selesai. Tujuannya adalah untuk mengatur

c.    Multitasking
Multitasking merupakan suatu istilah untuk menjelaskan bahwa suatu komputer mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam jendela windows. Jadi, dalam satu proses, terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat dijalankan bersamaan.

d.   Time sharing system
Time sharing system merupakan sistem dalam suatu komputer terhadap suatu waktu yang diberikan oleh CPU terhadap berbagai job yang sedang dijalankan.

e.    Real time system
Real time system merupakan suatu sistem yang berguna sebagai kontrol pada mesin-mesin. Yang dimaksud dengan mesin-mesin adalah penggunaan sistem ini untuk memantau dan mengontrol peralatan seperti motor, assembly line, teleskop, atau instrumen lainnya. Peralatan telekomunikasi dan jaringan komputer biasanya juga membutuhkan pengendalian secara real time. Sistem inilah yang harus menghasilkan respon-respon yang tepat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem.

Apakah yang dimaksud dengan system call? Dan apakah tujuan pembuatan system call pada sistem operasi?
            System Call menyediakan interface antara program dengan bagian sistem operasi. System call menjadi jembatan antara proses dan sistem operasi. Contoh: UNIX menyediakan system call berupa read, write untuk operasi I/O file.

Sebutkan perbedaan proses dan thread!
            Proses bisa disebut juga sebagai suatu urutan atau langkah dalam melakukan sesuatu entah itu dalam suatu program atau yang lainnya dan yang menghasilkan sesuatu. Keberhasilan suatu hal tergantung bagaimana proses dilakukan yaitu mulai dari persiapan, penerapan, hingga akhirnya penyelesaian.
            Sedangkan thread sendiri merupakan bagian dari suatu proses atau sering diistilahkan dengan lightweight process. Thread tidak memiliki alokasi resource sendiri. Di dalam proses bisa terdapat beberapa thread di mana masing-masing thread memiliki execution state sendiri. Dari segi performance pun, thread memerlukan waktu yang sedikit dalam pembentukannya, membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk mengakhiri thread dan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk melakukan switching antar thread.

      Diketahui
Process       Arrival Time       Burst Time
P1                       0.0ms                      5ms
P2                    2.0ms                     10ms
P3                    4.0ms                       3ms
P4                    5.0ms                       7ms
Hitung rata-rata waktu tunggu proses jika menggunakan algoritma shortest-job first preemptive

            Rata-ratanya = (0+5+15+3)/4 = 5,75ms

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

check it out

 
;