Minggu, 08 April 2012

Inquiry and Response

Seandainya anda diminta untuk mengimplementasikan suatu sistem telekomunikasi online, bentuk komunikasi mana yang akan anda pilih. Jelaskan alasan dan contoh real!

INQUIRYdan RESPONSE

Dewasa ini, apabila kita berbicara soal komunikasi, tentu kita akan berpikir bahwa adanya aktivitas yang mana melibatkan dua atau bahkan lebih orang maupun perangkat. Selain itu, kita juga akan berpikir betapa pentingnya komunikasi tersebut bagi siapa pun di dunia ini. Tak dapat disangkal bahwa semua orang pasti membutuhkan apa yang disebut “komunikasi”. Segala aktivitas yang dilakukan pun tak luput dari peran “komunikasi”.
Komunikasi sendiri merupakan cara untuk menyampaikan atau menyebarluaskan data, informasi, berita, pikiran, pendapat dalam berbagai bentuk.Oleh karenanya, komunikasi itu sendiri dibagi ke dalam 2 bentuk yaitu offline communication dan online communication. Dua bentuk tersebut sama-sama menyampaikan data, menyebarluaskan data, informasi, berita, dsb.Perbedaannya terletak pada bagian pengolahan data oleh CPU. Pada offline communication, data yang masuk ke terminal atau yang dikirim ke pusat tidak langsung diproses oleh CPU. Sedangkan pada online communication, data yang dikirim melalui terminal langsung diolah oleh CPU.
Berdasarkan konsep tersebut, salah satu bentuk komunikasi yang dipilih untuk diterapkan dalam suatu sistem telekomunikasi online yaitu “Inquiry dan Response. Bentuk komunikasi online tersebut menjadi pertimbangan yang paling tepat dalam penerapan suatu sistem telekomunikasi online mengingat sifatnya yang mampu secara cepat memberikan data yang dibutuhkan kepada user. Proses pengolahan data yang cepat menjadi keunggulan bagi bentuk ini karena kebutuhan akan data yang cepat dan tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Pada bentuk komunikasi ini, user atau pemakai, dapat mengakses langsung kedalam program atau file. Data yang diberikan pun dapat langsung diproses atau diolah dan hasilnya pun dapat langsung diberikan.
Salah satu penerapan yang dapat kita amati di sekitar kita adalah pada pembayaran di supermarket. Kita bisa mengamati bahwa pembeli dapat secara langsung mengetahui berapa yang harus dibayarnya dan petugas pun dapat mengetahui berapa uang kembalian yang harus dikembalikan atas pembayaran yang dilakukan. Itu adalah bentuk komunikasi Inquiry dan Response. Salah satu bentuk yang mana pemakai tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memperoleh data yang diinginkannya. Bahkan untuk melihat laporan penjualan per periode pun dapat dilakukan tanpa perlu menunggu waktu terlalu lama. Contoh lain dapat berupa Automatic Teller Machine atau yang lebih dikenal dengan ATM, dan masih banyak contoh lain yang bentuk komunikasinya menggunakan Inquiry dan Response.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

check it out

 
;